Tips Sehat di Depan Komputer

Career / 18 May 2012

Kalangan Sendiri

Tips Sehat di Depan Komputer

Budhi Marpaung Official Writer
4919

Bekerja atau beraktivitas di depan layar komputer atau laptop berjam-jam sudah menjadi kebiasaan bagi para kaum perkotaan hari-hari ini. Walau tahu kurang baik, tetapi entah bagaimana hal ini kerap dilakukan oleh sebagian besar dari kita.

Oleh sebab itu, tidaklah heran banyak dari para eksekutif, karyawan, bahkan para pebisnis mengalami sejumlah gangguan pada tubuh seperti gangguan mata, nyeri punggung, sakit pinggang, dan sakit lahir. Namun begitu, apakah tidak ada jalan untuk mengatasi masalah ini? Tentu saja ada.

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan supaya Anda tetap sehat walau hari-hari Anda banyak dihabiskan “bergaul” dengan komputer :

1. Exercise. Memutar leher searah dan berlawanan jarum,merenggangkan jemari tangan dan kaki adalah gerakan-gerakan yang walaupun sederhana tetapi ini dapat membawa manfaat yang besar bagi tubuh Anda. Dengan rutin ber-exercise seperti ini maka Anda dapat terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan yang disebutkan sebelumnya.    

2. Jalan santai. Disadari atau tidak, jalan dengan waktu 10 menit di sekitar area kantor dapat mencegah kenaikan berat badan Anda. Bukan hanya itu saja, aktivitas ini dapat menghindarkan Anda dari sakit pinggang. Lakukan lah kegiatan jalan santai ini pada pagi  atau pun sore hari (tergantung Anda).

3. Posisi duduk. Sebisa mungkin pada saat Anda duduk di depan komputer, jangan bungkukkan badan Anda. Usahakan bahu tetap tetap rileks dan istirahatkan jemari Anda sesaat usai mengetik. Posisi membungkuk sangatlah berbahaya karena resiko untuk mengalami sakit punggung akan begitu besar.

4. Konsumsi makanan yang tepat. Walau banyak dianggap pekerjaan yang sedikit mengeluarkan keringat, tetapi itu bukan berarti Anda tidak cepat lapar. Pekerjaan mental justru membuat perut Anda cepat keroncongan. Hal ini tentu masalah mengingat berat badan Anda akan menjadi naik. Karenanya, usahakan konsumsilah makanan yang sehat saat bekerja. Kemudian, kerjakan kegiatan berjalan beberapa menit setelah bersantap untuk melancarkan sistem metabolisme.

5. Mata butuh istirahat. Selayaknya tangan dan kaki yang apabila lelah perlu diistirahatkan, mata pun harus di-treatment seperti itu. Langkah pertama merileksan indera penglihatan Anda adalah dengan memejamkannya. Lalu setelah itu, gosokan dua telapak tangan dan letakan pada kelopak mata yang terpejam. Tahan posisi ini selama 15 menit. Begitu Anda melakukan hal ini, mata Anda akan merasa nyaman dan rileks kala bekerja. Mata pun tak akan mudah lelah.

Demikian sejumlah tips sehat di depan komputer, semoga ini bisa membawa manfaat bagi kehidupan Anda sehari-hari. Selamat mencoba, Tuhan Yesus memberkati. 

Baca juga:

Kopi Darat Mei 2012

Jokowi Terima Penghargaan Dari Presiden SBY

Bad Relationship, Mengapa Masih Dipertahankan

Sumber : viva kosmo / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami